Penemu Musik dan Perkembangan Musiknya

Musik memang menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan kita sehari-hari.hal ini dikarenakan dengan adanya musik, musik akan membuat perasaan siapa saja menjadi lebih senang dan juga membantu menjaga mood bagi para pendengarnya. Namun, tahukah kalian apa itu musik sesungguhnya? Jadi musik adalah nada-nada yang memiliki satu kesatuan dan menjadi lagu yang indah. Musik merupakan kesenian yang memadukan antara beberapa nada menjadi alunan yang indah. Dalam KBBI sendiri, musik sendiri dapat diartikan sebagai ilmu yang menyusun nada atau suara menjadi sebuah kombinasi dan juga hubungan temporal. Sehingga nantinya akan bisa menghasilkan suara yang bersinambung dan juga memiliki kesatuan.

Tak hanya itu saja, musik sendiri dapat berfungsi untuk memadukan instrumental dan juga suara menjadi satu bentuk yang indah. Sehingga, musik adalah suatu hal yang mampu untuk menembus hati setiap masyarakat yang ada di dunia. Pasalnya, dapat dikatakan dengan adanya musik mampu membuat seseorang menjadi lebih merasa memiliki semangat. Seni satu ini juga menjadi hal yang bisa menghasilkan uang dan menghibur semua orang.

 

Siapa Penemu Musik Pertama Kali?

Musik Ternyata Penemu musik pertama kali adalah Al Farabi dengan nama lengkap Abu Nasr Muhammad bin Tarkhan bin Uzlag Al Farabi. Beliau adalah seorang maestro musik ataupun pakar musik. Dia adalah orang yang menemukan not-not pada musik. Beliau lahir di Desa Wasij, Transoxiana pada tahun 870 M. Di dalam dunia musik, beliau sangat mahir memainkan alat musik dan menciptakan berbagai instrumen musik dan nada musik arab yang ada sampai saat ini.

Beethoven in the time of COVID, continued… | David Korevaar

Temuan ini ia tulis di dalam kitab al-Musiq al-Kabir yaitu buku besar tentang musik. Buku yang membahas ilmu dasar musik yang telah menjadi rujukan musik bagi perkembangan musik klasik barat. Al-Farabi menulis bahwa musik dapat menciptakan suatu perasaan tenang dan nyaman. Musik juga mampu mempengaruhi moral, mengendalikan emosi, dan menyembuhkan penyakit. Seperti disaat kita sedih atau hal lainnya, mendengarkan musik adalah hal yang paling menghibur. Karena itu bagi al-Farabi musik bisa menjadi alat terapi. Sebab musik adalah suatu yang muncul dari hati manusia dalam menangkap suara yang indah.

Al-Farabi juga mempunyai beberapa hasil karya berikut diantaranya :

  • Buku teori musik yg berjudul Kitab Musiq al-kabir (Buku besar tentang musik)
  • Buku Filsafat dan Logika
  • Metode psikologi sosial pertama tentang “Social Psychology & Model City”
  • Al-Farabi meninggal dunia di Damaskus pada 970 M. Jasadnya dimakamkan di Bab as-Saghir dekat dengan makam Muawiyah, pendiri dinasti Umayyah

 

Tokoh Penemu Musik

Ludwig van Beethoven Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan musisi yang satu ini, Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) Beliau adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah symphoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Fur Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang sangat berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina,

Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli. Ketuliannya semakin parah dan pada tahun 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah. Ludwig van Beethoven lahir tahun 1770 di kota Bonn, Jerman. Semasa kanak-kanak sudah tampak jelas bakat musiknya yang luar biasa dan buku musik ciptaannya muncul pertama kali tahun 1783.

Sejarah Musik Di Dunia | Klinik Musik

 

Di usia remaja dia berkunjung ke Wina dan diperkenalkan kepada Mozart tetapi perjumpaan keduanya berlangsung singkat. Tahun 1792 Beethoven kembali ke Wina dan sebentar dia belajar musik dengan Haydn yang kala itu pencipta musik Wina kesohor (Mozart mati setahun sebelumnya). Beethoven menetap di Wina, Mekkahnya musik waktu itu, selama sisa hidupnya. Rasa musik Beethoven yang tinggi selaku pemain piano mengesankan tiap pendengarnya dan dia berhasil baik selaku pemain maupun guru. Segera dia menjadi pencipta musik yang produktif juga.

Karyanya selalu dapat sambutan baik. Sejak umur pertengahan dua puluhan ke atas, dia sudah mampu menerbitkan dan menjual buku ciptaan musiknya tanpa kesulitan apa pun. Ketika Beethoven berumur di ujung dua puluhan, tanda-tanda ketuliannya mulai tampak. Tak pelak lagi gejala ini amat merisaukan si komponis muda. Tuli buat seorang pencipta musik betul-betul suatu malapetaka. Suatu ketika timbul keinginannya mau bunuh diri saja. Tahun-tahun antara 1802-1815 sering dianggap masa pertengahan karir Beethoven. Pada masa istirahat itu, akibat ketuliannya menghambat, dia mulai mundur dari pergaulan masyarakat. Ketunarunguannya ini membuat orang punya kesan tidak yakin bahwa Beethoven memang betul-betul anti manusia, anti masyarakat, benci bergaul. Dia terlibat dengan percintaan yang kerap dengan gadis-gadis muda tetapi tampaknya semua hubungan ini berakhir tak bahagia dan tak pernah beristeri. Karya musik Beethoven sendiri menggila produktifnya. Tahun-tahun terus berjalan namun perhatian yang diterimanya semakin lama semakin menyusut yang mestinya populer buat seorang komponis seperti dia di jaman itu.

 

Perkembangan Musik di Dunia

Sejak abad ke-2 dan abad ke-3 sebelum Masehi, di Tiongkok dan Mesir ada musik yang mempunyai bentuk tertentu. Dengan mendapat pengaruh dari Mesir dan Babylon, berkembanglah musik Hibrani yang dikemudian hari berkembang menjadi musik Gereja. Musik itu kemudian disenangi oleh masyarakat, karena adanya pemain-pemain musik yang mengembara serta menyanyikan lagu yang dipakai pada upacara Gereja. Musik itu tersebar di seluruh Eropa kemudian tumbuh berkembang, dan musik instrumental maju dengan pesat setelah ada perbaikan pada alat-alat musik, misalnya biola dan cello.

Kemudian timbulah alat musik Orgel. Komponis besar muncul di Jerman, Prancis, Italia, dan Rusia. Dalam abad ke 19, rasa kebangsaan mulai bangun dan berkembang. Oleh karena itu perkembangan musik pecah menurut kebangsaannya masing-masing, meskipun pada permulaannya sama-sama bergaya Romantik. Mulai abad 20, Prancis menjadi pelopor dengan musik Impresionistis yang segera diganti dengan musik Ekspresionistis.

Sejarah dan Perkembangan Musik di Dunia

Musik sudah ada sejak Zaman purbakala dan dipergunakan sebagai alat untuk mengiringi upacara-upacara kepercayaan. Perubahan sejarah musik terbesar terjadi pada abad pertengahan,disebabkan terjadinya perubahan keadaan dunia yang makin meningkat. Musik tidak hanya dipergunakan untuk keperluan keagamaan, tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi.

Untuk kalian yang sangat menyukai mendengarkan musik sebaiknya kalian juga mengetahui beberapa sejarah tentang musik agar pengetahuan kalian bertambah hanya dengan mendengarkan musik saja. Kami sudah menjelaskan sejarah perkembangan dari musik dan juga penemu musik yang pertama kali di dunia.