Penyanyi Solo Wanita yang Booming Tahun 90an

 

Era 90an memang sebuah era dari berbagai hal yang dapat dijadikan sebuah kenangan, seperti salah satunya adalah para penyanyi solo wanita yang ada di era ini. Penyanyi solo wanita yang namanya sangat terkenal pada era 90-an ini sangat booming karena lagu-lagunya mereka sangat enak untuk didengar. Lagu-lagu penyanyi pun juga terbilang cukup sukses karena sampai saat ini masih sering diputar oleh para penikmat musik yang ada di Indonesia.

Penyanyi Solo Wanita yang Booming Tahun 90an

Banyak dari para penyanyi ini yang menyuguhkan lagu-lagu yang bertemakan tentang sebuah manisnya rasa cinta atau tentang perasaan patah hati yang terbaik yang ada di sepanjang masa. Tak heran, jika karya mereka sampai sekarang ini masih didengarkan dan tidak jarang lagunya masih dipakai untuk mengisi hari-hari para penikmat musik. Dari sekian banyak penyanyi wanita yang ada di era 90-an, Berikut ini adalah beberapa penyanyi solo yang booming pada era 90an.

1. Nike Ardilla

Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi atau yang dikenal dengan Nike Ardilla adalah seorang penyanyi dengan aliran slow rock, pemeran dan model yang sempat berjaya di Indonesia pada masanya. Pada tahun 1986, Nike pun memulai dapur rekaman dengan merilis sebuah single yang berjudul “Lupa Diri” dan kemudian lagu tersebut dimuat di dalam album kompilasi bertajuk Bandung Rock Power tahun 1987.

Kemudian pada bulan Oktober 1989, Nike akhirnya bergabung dengan Proyek Q Records. Bersama dengan label tersebut, Nike akhirnya berhasil merilis sebuah album berjudul Seberkas Sinar, yang pada saat itu diproduseri oleh Deddy Dores. Tahun 1990 adalah awal dari boomingnya Nike Ardilla di dunia hiburan sehubungan juga dengan kesuksesan secara komersial dari album Bintang Kehidupan milikinya. Album tersebut diketahui telah habis terjual sebanyak 2.000.000 unit. Namun sungguh malang, pada tanggal 19 Maret 1995, Nike Ardilla harus berpulang untuk selama-lamanya karena sebuah kecelakaan tunggal pada saat dirinya berada di puncak popularitas.

2. Inka Christie

Rinni Chries Hartono atau Inka Christie adalah salah satu dari musisi rock Indonesia yang namanya juga pernah bersinar pada tahun 90an. Ia mulai booming setelah mengeluarkan sebuah single Cinta Kita bersama Amy Search yaitu pada tahun 1991 dan album Gambaran Cinta yang rilis pada tahun 1992. Pada tahun 2007, Inka kemudian membentuk sebuah grup band Q-ta beraliran pop bersama dengan Reza (gitar), Ngguh (bass), Lala (keyboard) dan juga Handle (drum). Album pertama mereka ialah Mencari Cinta dirilis pada tahun 2008.

3. Ruth Sahanaya

Ruth Sahanaya atau kita kenal juga sebagai Uthe adalah seorang penyanyi senior yang ada Indonesia dan dianggap sebagai salah satu diva ternama Indonesia. Pada saat itu bersama dengan Krisdayanti dan Titi DJ, terutama pada awal masa 2000an. Meskipun begitu, Uthe sudah mulai booming mulai tahun 80-an hingga tahun 90-an. Uthe juga menjadi penyanyi yang sudah banyak mengeluarkan album-album booming seperti album Uthe bersama dengan Aquarius yaitu :

  • Seputih Kasih (1987)
  • Tak Kuduga (1989),
  • Yang Terbaik (1994),
  • Uthe (1996), Kasih (1999),
  • Yang Kurindukan (2001),
  • Greatest Hits (2002)

Dengan tambahan lagu baru berjudul “Mengertilah Kasih”. Sedangkan album Kaulah Segalanya yang terbit pada tahun (1992) merupakan produksi Ruth Sahanaya & JACEY Production.

4. Mayangsari

Agustina Mayangsari atau dikenal dengan Mayangsari adalah penyanyi Indonesia yang pada era 90-an dimana dikenal dengan lagunya yaitu seperti “Harus Malam Ini” dan juga “Tiada Lagi”. Selain sebagai penyanyi, mayang juga memiliki sebuah kemampuan nyinden atau menyanyikan lagu-lagu Jawa. Mayang menjadi penyanyi yang mulai booming sejak merilis album perdananya yang berjudul Gairah pada awal tahun 1990. Namun, album perdananya tersebut kurang sukses di pasaran. Setahun kemudian, Mayang akhirnya kembali merilis album Selamat Malam Cinta, dan hasilnya album tersebut cukup meledak.

Kemudian selanjutnya menyusul Album lainnya seperti Pinta (1992), Album Agenda (1993), Album Biarkan Saja (1994), Album Rasa Cintaku (1995), Album Beri Kesempatan (1996), Album Harus Malam Ini (1997), Album Tiada Lagi (1998), dan Album Kusalah Menilai (1999).

5. Poppy Mercury

Poppy Yusfidawaty atau dikenal dengan nama Poppy Mercury adalah penyanyi slow rock Indonesia. Namanya sempat booming pada era 90-an lewat lagunya yang berjudul “Surat Undangan”, “Antara Jakarta dan Penang”. Namun, pada tanggal 28 Agustus 1995, Poppy meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

6. Nicky Astria

Nicky Nastitie Karya Dewi atau Nicky Astria adalah salah seorang penyanyi rock Indonesia. Nicky booming dengan lagunya yang berjudul Panggung Sandiwara. Album Nicky yang juga bernama Jarum Neraka dirilis pada 1985 saat itu mencetak sukses besar di pasaran, album tersebut telah berhasil terjual di atas 250 ribu kaset. Album ini juga disebut-sebut sebagai salah satu dari album rock asal Indonesia pertama yang mampu mendobrak sebuah angka penjualannya menyaingi album pop dan berhasil mendapat penghargaan di BASF Awards.

Album-album berikutnya yaitu Tangan-Tangan Setan 1986 dan Gersang 1987 juga berhasil mendapat penghargaan dari BASF Awards, sebuah ajang pemberian penghargaan bagi para insan musik Indonesia yang digelar oleh perusahaan kaset BASF. Kesuksesan demi kesuksesan yang diraihnya akhirnya mengantarkannya dalam melambungkan nama Nicky Astria sebagai lady rockers papan atas Indonesia.

7. Krisdayanti

Terlepas dari masalah kandasnya pernikahan yang dimiliki oleh KD dengan Anang, KD sendiri tetap salah satu diva pop besar Indonesia. Dirinya sudah banyak meraih prestasi lokal dan juga internasional yang ia torehkan. Sudah 10 album solo yang juga telah berhasil dirilisnya sejak awal karirnya yaitu pada 1987.

8. Anggun C. Sasmi

Diva dalam berbagai genre ini yaitu pop, rock, R&B memang mempunyai suara yang luar biasa. Di tahun 1997 ia menjadi diva pertama yang berhasil merilis sebuah album internasional, Snow of the Sahara, di mana pada saat itu ia masih memegang kewarganegaraan Indonesia. Ia kini bermukim di Kanada dan juga Prancis.

Nama Anggun sendiri mulai melambung saat dirinya berhasil merilis single berjudul ‘Mimpi’ yang dikeluarkan pada 1989. Lagu bernuansa rock tersebut sukses di industri musik selama awal dekade 1990-an. Dari situ, ia kembali mengeluarkan beberapa lagu lainnya seperti ‘Tua Tua Keladi’, ‘Laba Laba’, ‘Takut’, ‘Nafas Cinta’, dan juga ‘Kembalilah Kasih’.

9. Titi DJ

Titi Dwijayati alias Titi DJ memulai kariernya bermusiknya yaitu di tahun 1983 dengan merilis sebuah album bertajuk ‘Bukan Hanya Satu Kali’. Meski sempat mengalami masa pasang surut dalam berkarir, mantan istri dari Bucek Depp ini tidak pernah menyerah untuk mengejar impiannya di dalam industri musik.

Terbukti dari album ‘Bahasa Kalbu’ yang telah dirilis pada 1999 menjadi sebuah album yang mendatangkan sukses besar di pasaran. Dari albumnya tersebut, ia berhasil meraih 5 penghargaan dari 6 nominasi yang ada di ajang Anugerah Musik Indonesia (1999).  Titi juga pernah menggelar konser tunggal pertamanya dengan tajuk ‘Titi DJ Sang Dewi Live in Concert’ di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan, pada 30 September 2005.

Demikian itu lah beberapa penyanyi solo wanita yang pernah booming pada era 90an. Para penyanyi wanita tersebut mewarnai industri musik di Indonesia pada era tersebut, lagu-lagu mereka pun hingga kini masih sering diperdengarkan entah itu di sebuah acara atau di putar oleh para penikmat musik.